Thursday, April 19, 2018

Pengalaman Gap Year Gue



Pengalaman Gap Year Gue



Selamat pagi, siang, malam di mana pun kalian berada! Gue di sini kepingin cerita sedikit tentang pengalaman gue gap year. Bagi yang gak tau gap year, gap year adalah menunggu setahun buat tes universitas (lagi), sebab gagal di tes sebelumnya. Alasannya sih bermacam-macam, bisa karena salah jurusan, ke swasta gak punya uang, atau emang pengen aja. Kalo gue lebih ke alasan nomor 1, yaitu jurusan yang gue jalani di swasta kurang sreg.

Pertama kali masuk jurusan ini fine-fine aja, tiga bulan pertama emang sibuk mampus ya dunia kuliah itu, ditambah gue ngekos di kosan putri, Mama gak ngijinin gue kos di kosan umum. Lucunya kosan gue itu lumayan deket sama rumah gue wkwk. Ya terus ngapain toh Nduk kamu ngekos? Gak tau! Mama yang nyuruh supaya gue mandiri katanya. 

Sampe suatu ketika gue pulang ke rumah gue buat ngambil barang yang ketinggalan, biasalah di rumah ketemu nyokap lagi masak, adek gue yang emang Sabtu diliburin sekolahnya (enak banget gak kayak jaman gue dulu). Tapi rumah gue ada yang lain, rumah gue kedatangan tamu. Pas masuk, ehhh ternyata ada Mbak Esi, dia kebetulan mampir karena lewat, habis ngejenguk temennya yang dirawat, gak tau sakit apa. Kebetulan emang rumah gue deket sama rumah sakit.

Begitu ketemu Mbak Esi kita ngobrol banyak banget, mulai topik temennya yang sakit kena komplikasi paru-paru sama jantung, terus bahas kuliah gue, bahas kegiatan organisasi yang gue ikuti di kampus (emang gue anaknya suka sosialisasi). Kami sambil makan nasi cah kangkung masakan nyokap gue, terus Mbak Esi tiba-tiba nyelutuk, “kuliah di mana kamu?”
Gue emang udah cerita tentang jurusan kuliah yang gue jalani sekarang, tapi belum ke arah kampus mana yang gue jadikan tempat menimba ilmu. Gue kasih tau aja ke Mbak Esi.
Mbak Esi mengerutkan kening, dia bilang sayang banget kalo gue harus kuliah di sana, mana yang gue ambil itu D3 lagi.

“Loh Mbak bukannya D3 cepet kerja ya?” tanya gue heran.

“D3 itu udah gak dianggap sekarang, perawat aja pada kuliah lagi buat dapet gelar S1.” celutuk Mbak Esi, dia dokter umum jadi tau banyak soal apa yang terjadi di rumah sakit.

“Walah gitu toh Mbak,” Gue ngangguk-ngangguk.

Mbak Esi ngasih saran supaya gue angkat kaki aja dari kampus gue itu, katanya pindah aja ke kuliah yang nyediain S1, mau ambil jurusan yang sama dengan yang gue jalani sekarang juga terserah. Gue tanya aja ke dia kalo jurusan teknik yang gue jalani sekarang ini bagusnya ambil di univ mana.

“Ohhh kalo teknik industri bagusnya ITB, sama kayak temennya Embak, sekarang sukses tuh,”

Niat awal gue ngambil teknik sih emang suka hitungan, gue gak terlalu suka sama hafalan. Bagi gue jurusan teknik juga lebih menjanjikan di masa depan. Misal mau ngebangun gedung, pasti pake hitungan, kan? Mau merancang bahan-bahan bangunan juga pake hitungan. Bahkan sederhananya nih, dari transaksi ketika beli bahan bangunan pun kita dihadapkan dengan yang namanya hitungan.
Sempet bingung juga sih mau milih teknik apa waktu itu (sampe menjelang SBM juga bingung), soalnya kan banyak banget teknik, ada teknik kagebunsin, teknik seribu bayangan, teknik meniup gelembung. WKWK GAK! Tapi berkat saran Mama, gue akhirnya dipilihin teknik industri.


Gue juga bingung pas ngedenger sarannya Mbak Esi yang sekarang udah pamit dari rumah. Gue mikir-mikir lagi, sampe nanya ke Mama gimana kalo gue ngulang buat dapetin universitas yang pas keluarnya S1. Mama sih saranin kalo emang mau ngulang berarti gue harus bisa dapet yang lebih, secara kan gue udah hafal tipe soalnya, juga cara ngerjainnya. Mama bilang gue ambil teknik industri lagi aja, soalnya sayang ilmunya kalo dihambur. Nanti di kuliah juga gak terlalu ribet, soalnya gue udah tau beberapa ilmunya.

Dapet restu dari Mama udah, tinggal dari Papa. Dia pulang malem sih, gapapa deh jadi malem itu gue gak pulang ke tempat kosan, gue nungguin beliau sampe pulang. Pas beliau pulang, dia keliatan cape banget, ada keringat yang nempel di dahi dia. Kasian Papa, pasti kecapean nyari uang buat kita.

Papa nyapa gue, gue menghampiri dan salim, terus dia cium kedua pipi gue. Kita basa-basi bentar lah. Gue pertamanya bilang kalo gue pengen pindah tempat kuliah. Dan ketika gue mengusulkan pemikiran gue itu, bokap langsung gak setuju. Katanya kuliah di mana itu sama aja. Rezeki mah udah diatur sama yang di atas, kita mah tugasnya cuma menjalani. Sempet debat juga, sampe Mama dateng dan ngasih penjelasan.

Akhirnya Papa bilang, “ya udah Papa pikirin dulu.”

Seharusnya topik kayak gini gak dibicarain sekarang. Tapi gue emang penasaran pengen tau pendapatnya gimana.

Pas tidur di kamar yang 3 bulan gak gue tempatin, gue mikir, berarti kalo gue pindah, uang kuliah yang udah di keluarin bokap gue sia-sia dong? Terus gimana kalo gue ternyata gak lolos tes? Lebih parah lagi. Gue juga udah sreg sama temen-temen kampus itu, masa iya sih gue tinggalin? Dan berbagai macam kalau-kalau lainnya yang memutari benak gue malam itu.

Bokap hari Minggu juga kerja, tapi pulangnya siang. Gue tungguin, sampe akhirnya dia pulang, tapi yang keluar dari mulut dia adalah enggak. Rasanya tuh kayak piring pecah begitu ngedenger hal itu.

Ya udah gue balik ke kosan aja, belajar, ngerjain tugas sembari males. Gue mikir, ngapain gue ngerjain beginian kalo gue mau pindah kampus? Buang-buang waktu aja!

Seminggu berlalu. Gue dapet telepon dari bokap, dia emang rutin nelepon gue tiap hari, katanya biar komunikasi gak putus, biar hidup gue kepantau juga. Pas gue ngangkat, ternyata yang keluar suara Mama.

“Halo Ma?”

Dan Mama ngejerit-jerit, dia bilang gue boleh pindah kampus! Yippieeee! Gue seneng banget asli waktu itu, tapi sempet curiga juga kenapa gak Papa yang ngomong langsung ke gue soal ini, tapi katanya Papa gengsi. You know the boys.

Dunia kuliah emang sibuk banget, gue akhirnya keluar mengajukan surat permohonan pengunduran diri. Gue nangis-nangisan sama temen-temen gue. Padahal baru kenal seumur jagung, tapi udah kayak kenal lama #huhu. Belum lagi temen-temen ekskul, semuanya kenal baik lah, sampai kating, dosen juga.

Lalu hari-hari setelahnya ketika gue dinyatakan resmi menjabat sebagai “pengangguran”, hal pertama yang gue lakukan adalah pulang ke rumah. Gue bilang gue kayaknya mau ngabisin waktu di kosan aja soalnya kosan itu udah disewa selama 1 tahun ke depan. Sayang banget dong kalo gak diisi? Mana ibu kosnya baik banget. Ya udah kata nyokap juga gue gak boleh hambur-hambur uang.

Hal kedua yang gue lakuin adalah daftar bimbel, ini bimbel rekomendasi dari Mbak Esi juga sih sebetulnya, bimbel yang bikin dia bisa masuk FK. Ya udah gue daftarin diri di situ juga dengan harapan bisa tembus TI ITB. FYI bimbel itu tuh lumayan mahal biayanya, jadi Mbak Esi juga sedikit bantu biayain karena bokap kurang sanggup juga secara finansial.

Hal yang gue lakuin ketiga adalah berdoa, gue minta maaf kepada Tuhan karena menyia-nyiakan waktu yang telah diberikan-Nya. Gue minta bantuan semoga ke depannya gue bisa lancar dan diberkati.

Hari-hari berikutnya gue isi dengan belajar menyendiri di tempat kos, sorenya pergi bimbel khusus SBMPTN. Bimbel itu tuh kita bener-bener diajarin lagi dari nol, kita kejar materi bareng-bareng, kita latihan soal dari yang mudah, sedang, sampai sukar. Kita tuker pikiran gimana cara menyelesaikan soal tersebut. Di situ gue ketemu lagi sama soal yang dulu gue bingung cara ngerjainnya gimana, tapi pas udah dibahas, ohhh gitu doang, kenapa gue gue gak bisa ya?

Di bimbel itu gue ketemu sama lima orang dengan cerita masing-masing. Ada Raina, Kasih, Faris, sama Kak Mahardika. Lima orang itu termasuk gue. Kita semua terperangkap dalam situasi gap year kecuali Kasih, dia sebenernya lagi kuliah cuma kurang sreg sama jurusan yang dia pilih, sebab itu tuh jurusan pilihan orangtuanya. Sekarang Kasih pake win win solution, kalo dia gagal SBM tahun ini, dia gak rugi juga, dia bisa ngelanjutin kuliah yang dia jalani tanpa ngulang dari nol.

Beda lagi sama Kak Mahar, gue panggil dia dengan embel-embel “kak” karena dia dua tahun lebih tua daripada gue, dan you know what? Dia ternyata udah gagal SBMPTN selama 2 kali berturu-turut, gue cuma nelen ludah pahit aja waktu denger cerita dia. Gimana juga kalo gue sampe kayak dia? Gue gak sanggup  buat jalanin hidup kayaknya. Dan apakah soal-soal SBMPTN itu sesusah itu ya sampai ada yang gak lolos 2 kali? Berarti ini adalah kesempatan terakhir Kak Mahar buat masuk PTN.

Ada lagi cerita dari Faris, dia cowok yang sebenernya gak gagal SBMPTN, tapi udah keterima di jurusan yang dia mau tapi kekurangan biaya. Faris ini anaknya tinggi, berkulit putih. Pas dia kelas 12 semester 2, orangtuanya meninggal dalam kecelakaan. Beritanya pun sampe masuk TV, gue sih jarang nonton TV, jadi kurang tau tayang di channel apa. Waktu itu Faris milih FK UI sama FSRD ITB, yang ITB yang lolos. Dan Faris gak tau gimana cara ngebiayain kulihanya, emang ada beasiswa, tapi kan itu harus minimal belajar 1 semester sampe IPK keluar, sementara dia gak punya duit, tinggalnya pun sama kakek-neneknya yang dipindahkan dari rumah asalnya ke rumah orangtuanya. Akhirnya dia pun bertekad pengen kejar FK UNPAD yang gratis. Dia gak mau nyusahin banyak orang. Sifatnya mandiri, tegar, dan pantang menyerah. Dia tetep sabar menghadapi ujian-ujian yang Tuhan berikan buatnya. Gue salut banget sama dia.

Terus Raina, dia cewek pake kacamata tapi gak begitu tebal. Dia gagal SBM tahun kemarin sama seperti gue, dia gagal dan gak daftar ke swasta ataupun yang D3, dia langsung melarikan diri ke bimbel terdekat buat belajar SBMPTN tahun depan lagi. Gak ada cerita khusus sih, dia emang jarang belajar makanya gagal, dia sama malesnya sama gue waktu itu.

Kata guru bimbel kami, katanya gapapa gagal, coba lagi aja, karena kesempatan kedua itu selalu ada.

Mulai dari situ gue belajar aja mati-matian, pokoknya pagi ketemu soal yang di PR-kan sama bimbel, siang ngerjain soal secara mandiri, malemnya gue belajar tapi yang hafalan kayak biologi, kimia yang bisa dihafalin, juga bahasa Indonesia sama Inggris. Pola belajar gue sih kayak gitu, soalnya malem itu gue gak bisa terlalu mikir kalo ngerjain fisika, dll. Untung aja SBMPTN bukan malam hari.

Kadang di bimbel gue ngeliat anak-anak SMA yang kelas tiga, lagi pada ngomongin jurusan kuliah, lagi asyik bahas soal sama temen-temennya, lagi seru diskusi di kantin, padahal itu tempat makan kan, bukan tempat belajar? Pake seragam putih abu, bawa ransel berat. Gue dari kejauhan cuma bisa memerhatikan sambil bergumam dalem hati, “semoga gap year!!!”

Di bimbel gue deket sama semuanya, tapi yang paling deket sama Kak Mahar, gak tau kenapa. Dia enak diajak ngobrol, sikapnya dewasa, dan ganteng juga wkwkwk. Tapi gue udah nganggep dia sebagai kakak gue kok, dia juga sama nganggep gue adek. Kadang dia nganterin gue pulang karena bimbel itu pulangnya malem dan kebetulan kosan gue sama kosan dia lumayan deket! Gue gak nyangka.

“Kok aku jarang lihat Kak Mahar ya? Padahal kita kan deketan gini.” kata gue waktu itu, gue emang pake aku-kamu soalnya kan ke yang lebih tua, jadi harus sopan.

“Gak tau tuh hahaha,” Kak Mahar ketawa kenceng.

Kak Mahar juga sering ngasih gue motivasi-motivasi di kala gue nyerocos, “ahhh apaan sih ini soal susah banget,” Dia ngasih-ngasih cerita motivasi, cerita lucu, cerita mengesankan. Pokoknya banyak banget deh!

Di bulan-bulan berikutnya gue mulai bosen sama kehidupan gue dengan rutinitas bimbel-belajar-bimbel-belajar. Gue pengen kerja, dan dibantulah sama Faris, katanya di Indoapril lagi buka lowongan kerja sebagai kasir.

Pendidikannya juga gak muluk-muluk gak perlu harus S1 UI dengan IPK 4,00. Cuma ijazah SMA! Ya udah gue masukin CV gue ke sana dan yeay gue keterima! Gue mulai lah jadi kasir, gue dapet shift sore ke malem. Indoapril kan gak buka 24 jam kayak McD ya, jadi begitu jam 12 an gue bisa pulang ke kosan.

Berbulan-bulan gue kerja di situ bareng Faris, dia juga sekalian nabung buat biaya kuliahnya dia kayak buku, alat tulis, biaya print, dll. Faris jadi penjaga indoapril yang kerjanya ngitungin barang, kalo gak yang beresin barang. Faris yang buka pintu, gue yang ngucapin, “selamat datang dan selamat belanja di Indoapril.” Atau kalau pelanggan sudah pergi gue bilang, "terima kasih telah belanja, datang kembali, ya."

Kadang juga ada Raina, Kasih, Kak Mahar dateng sengaja ke supermarket tempat gue bekerja. Pura-pura jadi pelanggan dan bikin kesel gue sama Faris yang dianggap emang bener-bener pelayan mereka hahaha. Kak Mahar juga baik banget, kadang dia nanya, “pulang jam berapa?” Terus dia jemput gue pake motornya. Padahal mah gue bisa pulang bareng Faris, tapi kita berlawanan arah, sad.

Gue pernah mikir kenapa gue gak kerja gini aja ya? Enak, gak perlu kebanyakan mikir, tinggal pencet-pencet tombol kasir, masukin uang, keluarin kembalian, dan dapet gaji setiap bulan. Pas gue ceritain itu ke Raina sama Kasih di wc cewek, kepala gue ditabok. Iya sih emang kecil gajinya, tapi cukup aja buat makan 3x sehari, tapi kata Kasih yang terpenting itu harga diri. Kalo gue cuma jadi kasir di Indoapril doang mah, gue diinjek-injek sama orang. Gak dianggap.

Ya udah gue akhirnya membuang pikiran itu.

Gue fokus lagi sama bimbel dan belajar. Udah masuk H-80an, gue berhenti dari Indoapril, kebetulan juga masa kontraknya udah abis. Faris sih udah duluan cabut, dia takut gara-gara udah terlalu lama kenal sama uang, jadi dia lupa kewajibannya buat kuliah.

H-80an dari situ lima orang ini beneran belajar. Sebenernya gue udah paham sih semua materi, tinggal nge-drill soal-soal aja yang banyak. Menurut gue juga soal-soal tuh gitu-gitu aja. Gue sampe bosen dan pengen soal yang levelnya lebih tinggi lagi #sombong. Terus dikasih aja sama guru bimbel gue, dan gue gak bisa ngerjain wkwk, karena katanya itu emang soal setara S3. Yaelah Pak-_-

Di weekend, kita berlima pamit dulu dari bimbel, kita mau refreshing supaya gak begitu tegang sama SBMPTN. Kita nonton bioskop, kita makan-makan bareng, seru-seruan. Ah pokoknya itu ceritanya kita bikin best moment bareng-bareng, walaupun sempet terjadi konflik juga sih di situ, tapi gak bakal gue ceritain, tentang Kak Mahar, gue, sama Raina. Kalian tau lah apa pasti.

H-12 gue makin deg degan. Gue cuma takut mimpi buruk gue terulang lagi. Pokoknya gue udah daftar SBMPTN, pilihan pertama ITB of course, tapi gue coba fttm, kedua gue ambil jurusan yang sama yang gue jalanin kemarin, yaitu TI ITB. Ketiga, gue bingung sih mau milih apa, sempet konsultasi juga ke Mbak Esi, dia sih nyaranin gue ngambil FK, gue langsung sesek napas, gue bilang gue gak suka banyak hafalan. Nanya-nanya juga ke nyokap-bokap, katanya terserah kakak aja. Ya udah gue milih merantau ke IPB ngambil teknologi pangan (kata Kak Mahar peluang kerjanya besar).

Gue gak yakin juga sih ini masuk apa enggak. Soalnya yang gue ambil tuh passing grade-nya pada wow semua. Tapi kembali lagi pada yang di atas, gue cuma bisa pasrah, gue berdoa sampai air mata gue jatuh. H-1 gue juga pulang ke rumah bukannya belajar, gue peluk nyokap-bokap, minta restu, doa, dan semoga gue dilancarkan dalam mengerjakan soal sesusah apa pun besok.

Then it’s the day! Hari di mana semuanya berkumpul mencoba meraih impiannya masing-masing. Ada gue dan banyak orang lagi. Gue tak henti-hentinya melafalkan doa, hingga soalnya sampe di tangan gue. Dan gue mulai kerjakan soal itu—soal yang sempet bikin gue menyerah atas kehidupan.

Dan ternyata gue bisa ngerjain itu! Gue bisa ngerjain soal itu dengan keyakinan yang besar. Gue yakin gak ada jawaban lain selain itu. Tapi gue gak sombong dulu sih, gue tetep rendah hati, gue pasrahkan semuanya kepada Tuhan.

Lalu istirahat sebentar, masuk lagi ke ruangan, gue jalanin dengan sama. Gue kerjain, dan gue bisa, gue percaya diri banget ngerjain soal fisika, kimia, biologi. Gue gak gugup sama sekali, karena menganggap ini TO bimbel biasa. Sampai akhirnya jawaban itu harus dikumpulkan kepada pengawas, gue berdoa lagi, semoga memang benar itu jawabannya.

Sesudahnya gue, Kak Mahar, Raina, Kasih, sama Faris berkumpul di kosan gue. Kosan yang sebentar lagi tenggat waktunya udah habis. Kita ngumpul di sini ngebahas semuanya, cerita-cerita seru tentang kondisi pas SBMPTN. Terus kita berdoa bareng semoga kita-kita yang gap year ini bisa diberikan kesempatan kedua. Kami berjanji bila memang diberi, kami gak bakal menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Dan hari pengumuman pun tiba. Gue udah bener-bener pulang ke rumah dan menetap di sana, sampe gue deg degan banget sama pengumuman SBMPTN yang harus dibuka di komputer, pas gue buka dengan mengetik yang diperintahkan ke sana, gue deg degan, dan sialnya website-nya nge-lag. Jadi kita harus nunggu beberapa waktu lagi baru bisa dibuka.

*banting keyboard*

/Eh jangan deh, nanti gue ngetiknya gimana:(

Dan bahagianya setelah pengumuman itu terbuka, gue lolos:)

SELAMAT ... ahhh gue cuma ngeliat warna hijau itu aja udah seneng banget rasanya. Gak bisa bayangin apa-apa lagi, senengnya melebihi apa pun. Gue nangis terharu.

“Ihhh si Kakak mah, udah keterima malah nangis,” kata nyokap gur heran.

“Hu hu hu,” Gue ngelanjutin nangis sambil ngelap air mata pake ujung kaos Mama, sekalian ingus-ingusnya nempel semua di situ.

“Nih nih pake tisu,” Adek gue nyodorin tisu paseo yang langsung gue tarik buat ngelap air mata. Soalnya Mama udah ngomel.

Tepat saat itu, ponsel gue berdering, ada free call dari Kak Mahar. Gue angkatlah. Pertamanya dia kaget kenapa gue nangis, dia malah menduga gue gagal. Tapi langsung gue bantah, “Kak ... aku keterima di STI ITB!” kata gue sambil tersedu-sedu.

Kak Mahar ketawa lepas. Dia bilang harusnya gue seneng, bukannya nangis. Gue manggut-manggut meskipun gue tau dia gak bisa ngeliat.



Ternyata pepatah gak ada usaha yang membohongi hasil itu memang benar adanya. Juga pepatah di sana ada kemauan, di sana juga ada jalan. Buktinya Faris lolos FK UNPAD. Kak Mahar bisa masuk PTN dengan jurusan pilihan ketiga dia. Raina bisa masuk PTN dengan jurusan yang dia mau. Sementara Kasih, dia memilih lanjut ke swasta yang dia jalani waktu itu. Dia keterima di PTN, tapi dengan jurusan yang sama. Dia pikir, dari segi biaya hampir sama, dari segi ilmu juga sama, keluarnya juga S1, jadi mungkin emang takdir di jurusan itu.

Di antara kita semua, cuma Kasih yang sibuk sama urusan kuliahnya. Cuma dia yang banyak izin buat gak ikut bimbel sebenernya karena apa coba? Karena kuliah dia. Mungkin karena itu dia gak lolos di pilihan satu.

Yang pasti sekarang gue bersyukur banget bisa dikasih kesempatan kedua sama yang di atas. Gue bakal menjalani ini sebaik-baiknya, gue bakal bikin kedua orangtua gue bangga. Makasih Papa, Mama, kalian selalu ngasih support sama anakmu ini dari telepon, datengin ke kosan, bawain makanan kesukaanku juga. Makasih udah percaya sama aku Pa, buat ngelepas kampus sebelumnya demi pindah ke ITB. Special thanks for Mbak Esi yang udah bantu-bantu dari segi finansial, pendidikan (aku juga bawel di WA nanya-nanya soal biologi), juga segi kasih sayang. Mbak Esi udah aku anggep kayak kakak aku sendiri. Terus makasih buat bimbel, mungkin kalo gak dikasih latihan soal-soal terus-menerus, aku gak bakal bisa gini. Soalnya aku adalah murid yang bodoh di SMA. Makasih juga buat Kak Mahar, Kasih, Raina, Faris, ahhh pokoknya kalian the best-lah! Kalian emang sahabat yang selalu ada di saat duka maupun suka. Kalian rela ngajarin materi yang gue gak bisa-bisa, hehe. I love you guys! Makasih juga buat panitia SBMPTN, makasih udah pilih gue buat lolos ITB.

Gue harap kalian bisa berakhir kayak gue, maksudnya kalau bisa sekarang gak usah di nanti-nanti lah, kalian jangan gap year dulu baru berhasil dapet kuliah, mending begitu lulus SMA kalian langsung kuliah itu lebih baik. Gue sendiri nyesel udah ngorbanin 1 tahun gue, dan harus kuliah bareng adek kelas.

Dan ketika gue selesai baca pengumuman SBMPTN itu, sebenernya gue baru inget, kalau mantan gue pas SMA juga kuliah di sana! Untung aja gak sejurusan!

26 comments:

  1. Sumpah ini jadi penyemangat banget sih buat saya yang gapyear(kalojadi). Semoga bisa juga dapet temen temen baik, asik, seru yang se visi sama saya buat ngejalanin gapyear(kalojadi).

    Terus menginspirasi ya, semoga tahun depan kalau beneran gapyear saya bisa lulus di sbmptn dan ujian mandiri lainnya

    ReplyDelete
  2. dulu bimbel nya dimana kak plis jawab

    ReplyDelete
  3. Aduh moodbooster banget
    Makasih atas postingannya kak
    Ahhh ngak nyesal nyasar di blog ini hehehe

    ReplyDelete
  4. Ka boleh tau bimbelnya dimana?:( atau kalo mau tanya2 ada email ga kak?:(

    ReplyDelete
  5. bimbelnya dimana kak? aku gapyear, dan lg nyari bimbel yg emg bagus bisa bantu aku untuk masuk ptn tahun dpn.. :(

    ReplyDelete
  6. Lembaga bimbelnya apa namanya ?

    ReplyDelete
  7. Kak, rumahnya berapa kilo dari rumah? Tanyw buat referensi aja, kak

    ReplyDelete
  8. Aku harap 2 tahun cukuplah sekarang dirumah :0
    Thn depan kuliah aja eh , soalnya kuliah online tahun ini sangat menyusahkan 😂😂😂😂

    ReplyDelete
  9. Makasih kak, jadi termotivasi nih:) semoga taun depan aku juga bisa lolos hihi

    ReplyDelete
  10. Tahun ini gw juga lagi GAP year nih:v, kasus gw sama kek cerita nya si Faris yang disampaikan owner blog di teks. Ya semoga aja tahun depan bisa masuk PTN dengan Prodi yang gw minatin. Aamiin,,, huehue:)

    ReplyDelete
  11. Pengen gapyear, bakal susah ngganya? Gap year bsa nunggu 1- 2 taun ngga sih? Pengen nyari duit dulu, biar ngga jadi beban.

    ReplyDelete
  12. Keren keren ceritanya. Mampir juga ke blog aku www.hiregnarts.blogspot.com ada cerita gap year aku dan sharing pengalaman juga hehe

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentar :)

 
Corat-coret Blogger Template by Ipietoon Blogger Template